-->

Cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara mencegah jerawat timbul kembali

Jerawat di punggung dan di dada memang membuat kita tidak nyaman, walau tidak membahayakan.

Munculnya jerawat di punggung dan di dada, sering tidak disadari, dan penyembuhannya agak lambat, berbeda dengan jerawat di wajah. 

Cara menghilangka jerawat di punggung, Cara menghilangka jerawat di badan, jerawat di kepala, jerawat di leher
Sering timbul pertanyaan, timbulnya jerawat di punggung disebabkan apa ?, adakah Cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara mencegah jerawat timbul kembali ? Apakah jerawat di punggung berbahaya ?

Simak terus artikel ini, agar dapat menghilangkan jerawat punggung dan di dada sendiri di rumah.

Sebab timbulnya jerawat di punggung 

Tubuh manusia memiliki kelenjar sebum, yaitu kelenjar minyak alami yang berguna untuk mencegah kulit dari kekeringan.

Saat masa puber, menstruasi dan pemakaian obat tertentu, dapat mengakibatkan hormon tubuh meningkat, sehingga kelenjar sebum lebih banyak memprosuksi minyak alami. 

Jika sel kulit mati tidak rontok dan menyumbat foikel, ditambah dengan meningkatnya sebum, akan berakibat menyumbat pori-pori. 

Inilah yang menyebabkan timbulnya bakteri propionibacterium acne, sehingga kulit yang tersumbat membengkak dan meradang. Kita mengenal hal itu sebagai jerawat.

Jerawat di punggung dan dada juga dapat berupa :

nodul yaitu benjolan yang membesar di kulit, komedo hitam dan putih, bintik merah atau papula, dan benjolan kista yang membuat kulit terasa sakit berisi cairan nanah.

Penggunanan pakaian ketat dan tidak menyerap keringat dengan baik,  juga dapat menimbulkan jerawat di punggung dan dada.

Cara menghilangkan Jerawat di Punggung dan dada sesuai resep dokter :

1. Obat Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide adalah jenis obat oles jerawat untuk mengobati radang kulit, serta dapat membunuh bakteri dan membersihkan pori-pori kulit yang tertutup. Penggunaan secara rutin dapat menghilangkan jerawat di punggung, jerawat di dada, juga jerawat di wajah.

2. Antibiotik topikal

menghilangkan jerawat punggung dan dada dengan Pemakaian obat oles biasanya disertai Antibiotik topikal seperti Clindamycin sesuai resep dokter. Obat minum ini biasanya akan terlihat hasilnya setelah seminggu pemakaian obat.

3. Obat Isotretinon

 Isotretinon digunakan jika jerawat di punggung sulit diatasi dengan antibiotik atau perawatan lainnya. Jerawat di punggung umumnya nodular acne ditandai jerawat yang meradang, besar dan terasa sakit. Obat ini bekerja mengurangi produksi kelanjar sebum.

4. Penggunaan Alpha Hydroxy Acid - AHA

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan obat dan suplemen perawatan kulit berkandungan asam alfa hidroksi dapat mempercepat regenerasi sel, mempercepat terkelupasnya sel-sel mati, juga membersihkan sumbatan pada pori-pori.

Pemakaian obat-obat diatas harus memperhatikan efek samping, hindari pemakaiannya untuk menghilangkan jerawat saat hamil.

Cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami mengunakan Herbal.

Selain perawatan dan obat-obatan, anda dapat mencoba beberapa hal lain. Atau menggunakan herbal alami dengan memanfaatkan Khasat tanaman obat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dan mencegahnya timbul kembali adalah sebagai berikut :

1. Cara Menghilangkan Jerawat di punggung dengan buah pepaya

cara mencegah jerawat di punggung dengan buah pepaya
Buah pepaya banyak mengandung enzim papain yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori. Pada Buah pepaya juga mengandung 157% vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Selain itu vitamin c dan enzim papain dapat mengurangi minyak yang menutup kulit, sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat dan di dada.

Cara membuatnya, pilih buah pepaya yang tidak terlalu matang, potong sedikit jadi beberapa bagian lalu gosok potongan pepaya pada area jerawat di punggung dan di dada.

Anda juga dapat menggunakan sisa potongan kulit pepaya untuk menghilangkan jerawat, sedangkan buahnya dapat dikonsumsi.

2. Menghilangkan jerawat di punggung dengan buah Mentimun

cara mencegah jerawat dengan buah mentimun
Buah ketimun  atau mentimun  mengandung banyak kalium, sulfat, vitamin C dan vitamin A.

Selain itu pada buah mentimun terdapat asam amino untuk menenangkan kulit yang terbakar.  Karena itu buah ketimun dapat membantu menghilangkan jerawat di punggung dan di dada juga untuk perawatan kulit wajah. 

Caranya gosokkan potongan buah ketimun pada area jerawat di punggung, biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Untuk wajah anda dapat membuat masker mentimun. Ulangi pemakaian 2 kali sehari.

3. Cuka buah Apel untuk menghilangkan jerawat di punggung

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cuka apel

Cuka buah apel atau cuka apel mengandung asam malat yang dapat mengatasi bakteri kulit, kandungan zat antibakteri alami dan antiinflamasi pada cuka apel dapat menyembuhkan radang dan menghilangkan jerawat di punggung dan di dada.

Cuka apel bisa memperbaiki kadar pH kulit, Kulit akan lebih sehat dan bebas dari penyakit jika mengkonsumsi cuka apel secara rutin.

- Caranya dengan mencampurkan segelas air hangat dengan 1 sendok kecil cuka apel tambah sedikit madu. Minumlah 2 kali sehari.

- Cara lainnya dengan mencampurkan segelas air hangat ditambah 1 sendok makan cuka apel. Oleskan pada Jerawat di punggung secara merata biarkan 10 menit sebelum dibilas. Lakukan 2 kali sehari.

4. Esensial Tea Tree Oil untuk menghilangkan jerawat di punggung dan di dada

Menghilangkan jerawat dengan tree tea oil, menghilangkan jerawat di punggung dengan minyak pohon teh

Tea tree oil yang berasal dari penyulingan daun teh menjadi minyak adalah minyak esensial untuk mengobati jerawat karena bersifat antiseptik juga antiinflamasi.

Tea tree oil atau Minyak Pohon Teh sangat mudah terserap kulit sehingga dapat cepat mengobati radang, mengurangi pembengkakan dan mengeringkan jerawat di punggung.

Cara penggunanannya, ambil minyak pohon teh 1-2 tetes lalu oleskan merata pada jerawat di punggung, biarkan 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 1 kali sehari.

5. Buah Lemon untuk menghilangkan jerawat di punggung

Buah Lemon untuk menghilangkan jerawat

Buah lemon juga dapat menghilangkan jerawat di punggung, Buah lemon kaya L-askorbat dan vitamin C yang dibutuhkan kulit, air buah lemon juga membantu mengurai minyak dan lemak. sehingga sangat efektif untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. 

Cara membuatnya, iris buah lemon menjadi 4 bagian, lalu tekan dan usap irisan lemon pada kulit yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

6. Buah Tomat herbal alami atasi jerawat

Buah tomat atasi jerawat di punggung

Buah tomat banyak mengandung asan salisilat, herbal alami ini effektif untuk mengobati jerawat, mengatasi jerawat yang meradang dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu herbal buah tomat mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang rusak karna  jerawat.

Cara pemakaiannya belah buah tomat jadi beberapa bagian, gosok perlahan di punggung yang berjerawat secara merata, diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat, lakukan 2 kali sehari.

Anda juga bisa mencampur air buah lemon dengan tomat agar pengobatan lebih efektif untuk menghilangkan jerawat di punggung.

Cara mencegah jerawat di punggung timbul kembali

Menawat kesehatan kulit merupakan hal yang penting agar jerawat maupun komedo tidak timbul di kulit anda,  dibawah ini cara yang dapat anda lakukan agar jerawat di punggung tidak timbul kembali yaitu :

- Menjaga kebersihan rambut dengan keramas.

- Hindari stres dan rasa khawatir yang berlebihan.

- Mandi air hangat setelah melakukan olah raga dan bepergian.

- menggosok bagian punggung saat mandi menggunakan spons kasar dan sabun bayi.

- Hindari produk makanan dan kosmetik yang banyak mengandung minyak.

Untuk mendapatkan kulit wajah cantik alami tentunya diperlukan usaha perawatan, Anda juga bisa membaca artikel, cara jerawat mengatasi batu secara alami untuk mengobatinya.

Demikian cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara mencegah jerawat timbul kembali, Semoga bermanfaat.

Subscribe for Free via Email:

TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

0 Response to "Cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara mencegah jerawat timbul kembali"

Post a Comment

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweSehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel