-->

9 Khasiat dan manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan manfaat air kelapa muda bagi Kesehatan dan kecantikan tubuh sudah dikenal sejak jaman dahulu. 

Selain memiliki banyak khasiat dan manfaat, air kelapa muda sangat nikmat dan menyegarkan apalagi diminum saat cuaca panas atau siang hari selepas melakukan aktifitas berat yang banyak mengeluarkan keringat.

Khasiat air kelapa, khasiat air kelapa muda, khasiat air kelapa ijo, khasiat air kelapa hijau
The benefits of coconut water.

Khasiat air kelapa dikarenakan banyaknya kandungan gizi yang ada  dalam air kelapa, terutama air kelapa muda. 

Dalam air kelapa juga terkandung asam pantotenat, biotin, riboflavin, vitamin C, asam nikotinat, asam folat, dan masih banyak lagi lainnya. Agar kita bisa memperoleh khasiat  air kelapa, minumlah secara teratur sesuai anjuran. 

Berikut ini 9 khasiat dan manfaat air kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan

1. Mengobati masalah pencernaan

Khasiat Air Kelapa muda bagi kesehatan yaitu dapat mengobati berbagai masalah penyakit pencernaan. Diantaranya sebagai obat untuk mengatasi diare, gangguan asam lambung, sakit maag saat hamil, infeksi kandung kemih, masalah ginjal, konstipasi dan cacingan.

Saat terjadi diare air kelapa berkhasiat mengganti cairan tubuh yang hilang dari gastrointestinal atau saluran lambung dan usus. Dikarenakan air kelapa muda memiliki kandungan osmolaritas yang tinggi. 

Dalam air kelapa muda juga terdapat enzim, mineral, asam amino dan asam lemak, asam amino dan tinggi gula, juga kandungan natrium dan klorida dalam jumlah rendah. Hal ini menjadikannya komposisi cairan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat diare. 

Air kelapa juga mengandung berbagai enzim lainya seperti biaktif, dehidrogenase, RNA polimerese, peroksidase, katalase dan asam fosfatase. Kandungan ini membuat air kelapa berkhasiat bagi metabolisme dan sistem pencernaan.

2. Mengatasi dehidrasi tubuh

Manfaat air kelapa muda lainnya  adalah mengatasi masalah Dehidrasi. 

Air kelapa muda mengandung elektrolit tinggi. Cairan dalam tubuh kita memiliki kesamaan dengan air kelapa sehingga dengan meminumnya cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas berat akan cepat tergantikan. 

Kandungan Potasium yang juga terdapat dalam air kelapa muda memiliki khasiat dan manfaat untuk menjaga tekanan air dalam sel serta darah. Selain itu dikarenakan tubuh kita sangat mudah menyerap air kelapa muda menjadikan air kelapa muda sangat bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi.

3. Menormalkan tekanan darah

Khasiat dari air kelapa lainya yakni dapat menstabilkan  dan menormalkan tekanan darah. 

Kadar Kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah dalam air kelapa muda berkhasiat menurunkan tekanan darah darah tinggi. 

Jurnal Kedokteran India Barat memuat sebuah penelitian terhadap penderita tekanan darah tinggi yang meminum air kelapa secara rutin hasilnya tekanan darah tinggi penderita berhasil diturunkan.

4. Mencegah plak gigi dan radang gusi

Air kelapa juga berkhasiat mencegah timbulnya plak gigi. Keberadaan bakteri di mulut jika dibiarkan akan meyebabkan penyakit, diantaranya gusi bengkak, radang gusi dan sakit gigi. Berkumur dengan Air kelapa bermanfaat  menetralisir keasaman mulut sehingga bakteri dalam mulut yang menyebabkan plak gigi dapat dikendalilan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Air kelapa juga memiliki khasiat dan manfaat alami untuk menurunkan berat badan. Hal ini karna kadar gula, kalori dan kandungan lemak yang sangat rendah. 

Mengkonsumsi air kelapa setiap hari selain untuk menurunkan berat badan juga dapat mencukupi nutrisi tubuh. 

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik, meningkatkan kemampuan positif insulin dan mengatur penyerapan kadar gula.

6. Menjaga dan melindungi kesehatan kulit

Air kelapa muda berkhasiat bagi kesehatan kulit dikarenakan air kelapa muda memiliki banyak kandungan vitamin C. Tubuh kita memerlukan vitamin C dalam jumlah yang mencukupi untuk menghasilkan kalogen dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 

Dengan segelas air kelapa muda sehari, maka 40 persen kebutuhan vitamin C akan terpenuhi. Air kelapa dapat menjadi alternatif pilihan dari rasa asam buah lain yang mengandung vitamin C.

Minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, akan bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian anda. 

Air kelapa juga dapat anda jadikan alternatif apabila anda tidak terlalu suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

7. Mengatasi kulit kering

Air Kelapa muda memiliki manfaat mengatasi masalah kulit kering. Kulit yang kering bisa juga disebabkan karena cairan tubuh yang secara alami melembabkan permukaan kulit berkurang. 

Telah disebutkan diatas air kelapa mengandung Vitamin C yang diperlukan bagi kesehatan kulit. Terutama menjaga kecantikan kulit wajah Selain itu perbanyak minum air putih dan hindari panas matahari secara langsung, gunakan juga pelembab setelah anda mandi.

8. Air kelapa mencegah penuaan dini

Air kelapa jadi solusi untuk mencegah penuaan dini. Air kelapa muda berkhasiat menjadikan kulit kita lebih halus dan terlihat muda. 

Ini karena air kelapa muda mengandung sitokinin yaitu salah satu hormon yang berfungsi mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel. Sitokinin dalam air kelapa juga membuat kadar pH dalam tubuh seimbang, membantu menguatkan dan menghidrasi jaringan otot, serta dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit penuaan.

9. Khasiat Kelapa ijo Ampuh Menetralisir Racun 

air kelapa hijau sangat berkhasiat untuk menetralisir racun di dalam tubuh, khasiat dan manfaat air kelapa hijau sudah diketahui sejak jaman dahulu. 

Zat tanin dan antidotum atau anti racun dalam air serta buah kelapa sangat tinggi terutama pada jenis kelapa hijau,  Air kelapa muda terlebih air kelapa ijo sangat ampuh untuk mengurai racun dalam tubuh. 

Selain itu air kelapa juga mengandung zat anti trombotik yaitu zat anti pembekuan darah dan zat anti karsinogenik atau anti kanker.

Penting bagi kita mengetahui khasiat tanaman untuk alternatif pengobatan seperti khasiat dan manfaat air kelapa bagi kesehatan dan kecantikan.

Questions:

When should I start drinking coconut water during pregnancy?

- Starting from the first trimester of pregnancy to the third trimester. It's best to drink no more than a glass of coconut water per day

What happens if I drink coconut water everyday?

- help maintain body fitness and prevent dehydration

What are the benefits of coconut water during pregnancy?

- help maintain body fitness and prevent dehydration

What are some benefits of coconut water?

- please read this article about the properties and benefits of coconut water.

Subscribe for Free via Email:

TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

3 Responses to "9 Khasiat dan manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan"

  1. khasiat buah kelapa terutama air kelapa sangat, memang pohon kelapa banyak sekali manfaat dannkegunaannya

    ReplyDelete
  2. Thx infonya. Buat radang gusi ternyata juga bisa. Air kelapa juga bagus untuk mencegah dehidrasi, terutama atlet berat

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweSehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel